Minggu, 08 Agustus 2021

Published Agustus 08, 2021 by with 0 comment

3 Poin Pertimbangan sebelum Membeli Produk Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa

Kebutuhan akan asuransi jiwa seringkali dilewatkan, apalagi jika diri kita merasa aman-aman saja dengan kehidupan yang berjalan saat ini. Padahal, asuransi jiwa amat penting sebagai pelindung Anda dan keluarga dari musibah atau kondisi yang tidak diinginkan. Memilih dan mempertimbangkan pertanggungan jiwa yang tepat kini juga semakin mudah. Sebab, perusahaan asuransi jiwa di Indonesia sudah banyak yang menyediakan beragam benefit yang memudahkan calon nasabah untuk mempertimbangkan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

Produk asuransi jiwa sendiri juga cukup beragam, ada asuransi jiwa berjangka, seumur hidup, dwiguna, dan unit link. Maka dari itu, hal paling utama dari pemilihan asuransi adalah mencari yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda. Setelah itu, barulah Anda dapat mencari tahu lebih lanjut terkait dengan asuransi yang sudah sesuai, kemudian membandingkan tiap produk asuransi. Simak ulasan berikut untuk lebih tahu apa saja poin penting yang harus dimiliki oleh produk perlindungan jiwa.

       Bandingkan premi, masa kontrak, sampai dengan uang pertanggungan. Premi adalah anggaran yang Anda keluarkan di tiap bulannya untuk membayar asuransi. Anda dapat menyesuaikan premi asuransi dengan pendapatan, misalnya dengan mengalokasikan 10-20 persen dari total pendapatan bulanan yang Anda punya. Begitu pula dengan masa kontrak dan uang pertanggungan, Anda perlu bijak menyesuaikan dengan target atau kebutuhan Anda. Umumnya, semakin tinggi jumlah premi yang dibayarkan, maka semakin tinggi pula nilai pertanggungan yang didapat. Meski begitu, Anda sebagai calon nasabah tentu ingin membayar premi yang lebih kecil dan mendapatkan keuntungan uang pertanggungan yang lebih besar, bukan? Maka dari itu, bandingkan terlebih dahulu premi, masa kontrak, dan uang pertanggungan yang didapat di tiap produk asuransi dan perusahaan penyedia asuransi jiwa dengan lebih teliti.

       Pastikan track record perusahaan asuransi dan agen sales asuransi berlisensi. Perusahaan asuransi yang dipilih haruslah memiliki track record dan kredibilitas yang mumpuni, apalagi jika asuransi yang Anda pilih memiliki fitur investasi di dalamnya. Perusahaan asuransi jiwa yang baik pastinya memiliki sejumlah penghargaan, diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), dan memiliki RBC (Risk Based Capital) yang tinggi. Pastikan pula agent sales yang Anda temui berlisensi, karena tidak jarang agent sales yang menawarkan produk bukanlah agen resmi perusahaan melainkan seorang broker atau perantara.

       Bandingkan benefit dan asuransi penunjang sebagai tambahan. Jangan sepelekan detail-detail kecil dari layanan perusahaan asuransi jiwa yang mungkin saja dapat Anda maksimalkan. Misalnya saja layanan pelanggan 24 jam, pelayanan klaim yang mudah, sampai dengan menyediakan asuransi tambahan yang tentunya bermanfaat seperti asuransi kesehatan. Membandingkan layanan dan benefit yang dapat Anda terima pastinya akan semakin memberikan banyak keuntungan bagi Anda selama proses kontrak asuransi berlangsung.

Itu dia poin-poin penting yang dapat Anda pertimbangkan sebelum memutuskan produk asuransi jiwa yang ingin Anda beli. Anda dapat membuat funnel sederhana agar data yang Anda buat dapat lebih mudah dibaca. Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi dengan agen asuransi dan meminta tolong mereka untuk membuatkan ilustrasi yang berguna bagi Anda selama proses pemilihan asuransi jiwa yang tepat.

      edit

0 komentar:

Posting Komentar