Minggu, 14 Maret 2021

Published Maret 14, 2021 by with 0 comment

Makanan Tradisional yang Wajib Dicicipi saat Anda Mampir ke Pekanbaru

Miso


Tak hanya menjadi salah satu pusat wisata sejarah Melayu, Pekanbaru juga menghadirkan aneka makanan lezat yang wajib Anda cicipi. Masyarakat yang menempati Ibu Kota Provinsi Riau ini datang dari berbagai budaya, seperti Minang, Jawa, Melayu, Batak, hingga Tionghoa. Dengan demikian, tak heran jika hidangan-hidangan yang tersaji di restoran di Pekanbaru pun terbilang unik dan nikmat.

Jika ini menjadi kunjungan pertama Anda ke Pekanbaru, coba pesan makanan-makanan berikut untuk merasakan sendiri kelezatan kulinernya.

      Miso

Miso adalah makanan tradisional yang sering kali disajikan sebagai menu sarapan. Anda akan mendapati hidangan berkuah yang terdiri atas mi kuning, mi putih, ayam suwir, kulit ayam, beserta tahu di dalamnya. Sambal hijau pun disediakan untuk memperkaya cita rasa dan kerupuk merah muda yang akan membuat tekstur miso lebih beragam.

      Mi lendir

Jangan merasa jijik dulu mendengarnya. Kata lendir dalam hidangan ini merujuk pada tekstur kuah kuningnya yang kental. Adapun bahan-bahan yang dipakai untuk mengolahnya meliputi kacang tanah, ubi, serta bumbu rempah yang wangi. Telur rebus, irisan tauge rebus, bawang goreng, dan irisan cabai merah pun disediakan sebagai pelengkap.

      Gulai ikan patin

Olahan ikan menjadi ciri khas kuliner Pekanbaru, sehingga wajib bagi Anda untuk mencobanya. Dalam gulai ikan patin, Anda akan mendapati kombinasi yang nikmat di antara kuah gulai kental dan kaya akan rasa rempah-rempah dengan lembutnya daging ikan patin pilihan. Di Pekanbaru, gulai tersebut biasanya dinikmati bersama nasi putih, kerupuk, tempe, serta tahu.

      Asam pedas ikan baung

Menu olahan ikan lainnya yang harus masuk wishlist adalah asam pedas ikan baung. Sekilas, ikan tersebut menyerupai lele dengan daging tebal, putih, lembut, dan tanpa duri halus. Adapun rempah-rempah yang dipakai adalah serai, bawang putih, jahe, lengkuas, serta kunyit. Sementara rasa asam pedasnya diambil dari larutan asam kandis (asam jawa) yang ditambahkan dengan cabai rawit pedas.

      Mi sagu

Pemakaian sagu sebagai bahan baku makanan tak hanya populer di kawasan timur di Indonesia. Di Pekanbaru, ada mi sagu yang memiliki tekstur lebih kenyal dengan rasa gurih dan agak manis. Jika Anda belum terbiasa menyantap mi sagu dengan cara direbus, ada pilihan mi sagu goreng yang menghasilkan tekstur renyah dan enak.

      Lontong paku

Menu sarapan lain yang bisa Anda santap selama berada di Pekanbaru adalah lontong paku. Anda tidak salah dengar, hidangan tersebut menggunakan tanaman paku atau pakis sebagai salah satu bahan utama. Kemudian, pakis akan dimasak bersama potongan buncis dan nangka untuk kemudian disajikan bersama telur dan kerupuk balado.

Apa ada hidangan yang ingin langsung Anda coba sesampainya di Pekanbaru? Mudah-mudahan sesuai dengan selera Anda, ya!

 

 

 

      edit

0 komentar:

Posting Komentar