Kamis, 22 Oktober 2020

Published Oktober 22, 2020 by with 0 comment

MENGENAL GITAR AKUSTIK BERDASARKAN SENAR YANG DIGUNAKAN

 

Gitar akustik

Anda ingin belajar bermain gitar secara otodidak? Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk memenuhi keinginan ini tentu saja beli gitar akustik. Pasalnya, gitar ini merupakan jenis gitar yang paling cocok digunakan untuk belajar alat musik petik ini. Sebagai informasi, gitar akustik terbagi dalam dua jenis, yaitu gitar akustik klasik dan gitar akustik biasa. Untuk spesifikasi lebih lengkapnya, silakan lanjut baca artikel ini, ya!

GITAR AKUSTIK KLASIK

Jenis gitar ini umumnya menggunakan senar berbahan nilon atau serat sintetis yang bersifat elastis, dengan ukuran yang cukup besar. Karena senar yang besar ini, fret (atau leher gitar) alat musik petik jenis ini juga memiliki ukuran yang cenderung besar. Tak heran jika keseluruhan bentuk gitar akustik klasik cukup gendut.

Mengutip Helo-pet, gitar akustik klasik dengan fret yang lebar ini bagus untuk melatih jari-jemari Anda supaya bisa bergerak luwes dari satu kunci ke kunci lain dengan jarak yang cukup luas. Gitar dengan senar nilon menghasilkan suara yang cukup lembut. Tak ayal, gitar seperti ini umum digunakan untuk Anda yang ingin belajar jenis musik jazz dan blues.

GITAR AKUSTIK BIASA

Jenis gitar ini biasanya menggunakan senar berbahan baja tipis. Berbeda dengan gitar akustik klasik, gitar akustik biasa memiliki fret atau leher gitar yang cukup kecil. Sehingga, keseluruhan bentuk gitar akustik biasa lebih mungil dibanding dengan gitar akustik klasik.

Nah, karena memiliki fret yang kecil, jenis gitar ini cocok sekali buat Anda sebagai pemula. Pasalnya, jarak fret yang sempit bisa memudahkan jari-jemari Anda berpindah dari satu kunci dasar ke kunci lainnya dengan lebih mudah.

Suara yang dihasilkan oleh gitar seperti ini cenderung lebih jelas dan punya rentang yang panjang. Oleh sebab itu, gitar akustik biasa dapat digunakan untuk melatih belajar musik pop. Tak mengherankan juga bila gitar ini paling banyak digunakan oleh gitaris—baik pemula ataupun yang sudah mahir.

Demikianlah ulasan tentang gitar akustik yang diulas dari senar yang digunakan. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda memilih gitar untuk kebutuhan belajar otodidak, ya.

 

      edit

0 komentar:

Posting Komentar