Sabtu, 14 Maret 2020

Published Maret 14, 2020 by with 0 comment

Sudah Tahu Apa Itu Obligasi Dan Saham? Cari Tahu Disini!


Sudah Tahu Apa Itu Obligasi Dan Saham? Cari Tahu Disini!

Beberapa orang pasti masih ada yang merasa kebingungan tentang perbedaan dari apa itu obligasi dan apa yang dimaksud dengan saham. Untuk itu, di dalam mengatasi ketidakpahaman tersebut akan diulas mengenai perbedaan dari keduanya melalui ulasan berikut ini. Pada dasarnya, obligasi maupun saham merupakan sama sama bentuk dari jenis investasi. Oleh karena itu, jika anda merupakan investor, maka anda pun perlu tahu apa saja perbedaan dari keduanya. Berikut ulasannya.

Perbedaan Dari Obligasi Dan Juga Saham Yang Perlu Untuk Investor Ketahui

1. Berdasarkan Fungsinya
Jika dilihat dari fungsinya, maka saham sendiri berfungsi sebagai salah satu tanda bukti kepemilikan atas aset sebuah perusahaan. Dimana untuk besarannya sendiri tergantung dari investasi yang anda berikan ke dalam perusahaan tersebut. Sedangkan untuk obligasi merupakan tanda bukti dari adanya pengakuan utang perusahaan. Dimana ditujukan Fterhadap pemilik modal dengan memiliki besaran tertentu.


2. Berdasarkan Badannya
Setelah anda mengetahui fungsi dari apa itu obligasi, maka anda pun juga perlu untuk mengetahui badan yang dapat mengeluarkannya. Untuk obligasi sendiri, maka badan yang mengeluarkannya adalah perusahaan dan juga pemerintah. Sedangkan untuk saham, maka badan yang dapat mengeluarkannya hanyalah sebuah Perusahaan Tebuka (Tbk.) saja.


3. Berdasarkan Hak Suara Atas Perusahaan
Selain itu, untuk hak suara atas perusahaan maka juga terdapat perbedaan dari jenis investasi ini. Dimana untuk jenis investasi berupa saham maka anda pun nantinya akan memiliki hak suara atas kebijakan perusahaan. Sedangkan bagi anda yang memilih jenis investasi obligasi ini, maka anda pun nantinya tidak akan memiliki hak suara atas sebuah kebijakan yang ada maupun diterapkan oleh perusahaan.


4. Berdasarkan Pembagian Keuntungan
Perbedaan saham dan obligasi yang jelas terlihat adalah dari pembagian keuntungannya. Kedua jenis investasi ini pun memiliki dua pembagian untung yang berbeda. Untuk investasi saham, maka pembagian dari keuntungan tersebut akan berdasarkan deviden atau diambil dari keuntunga bersih yang ada di perusahaan sedangkan untuk investasi dengan jenis obligasi maka akan diambil dari harga pokok dan juga bunga.

5. Berdasarkan Jangka Waktu
Untuk jangka waktunya, maka kedua investasi ini pun juga memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Dimana ketika anda akan melakukan investasi saham, nantinya jangka waktu yang bisa untuk anda gunakan adalah tidak terbatas, selama perusahaan tersebut masih berdiri. Lain halnya dengan obligasi yang memiliki jangka waktu terbatas. Anda pun nantinya telah menentukan jangka waktu untuk pembayaran yang telah ditentukan.


6. Berdasarkan Kewajiban Badan Untuk Membayar
Jika dilihat dari perbedaan ini, maka suatu peruasahaan wajib membayar investasi dari saham ini ketika perusahaan mengalami untung saja. Sehingga ketika perusahaan tidak memiliki laba, maka badan tersebut pun tidak wajib untuk dibayar. Hal ini akan berbeda jika anda berinvestasi obligasi. Hal ini dikarenakan meskipun perusahaan tidak untung, maka badan tersebut harus wajib untuk membayar.

7. Berdasarkan Resiko Investasi
Hal lainnya yang perlu anda ketahui mengenai perbedaan saham dan obligasi adalah dilihat berdasarkan resiko dari investasinya. Jika anda memilih jenis investasi saham, maka nantinya anda pun juga akan memiliki resiko yang cukup besar. Hal ini dikarenakan nilainya akan naik dan turun setiap saat, sehingga tidak akan menentu. Tentu saja akan berbeda jika anda melakukan investasi secara obligasi.

Dimana bagi anda yang melakukan jenis investasi obligasi ini akan memiliki resiko investasi yang cukup kecil. Hal ini dikarenakan meskipun perusahaan nantinya akan mengalami sebuah keuntungan dan kerugian, maka perusahaan pun akan tetap wajib untuk membayar sejumlah bunga yang awalnya sudah ditentukan. Sehingga anda pun tetap akan mendapatkan uang meskipun perusahaan yang anda investasikan sedang mengalami kerugian.

Dengan mengetahui perbedaan dari kedua jenis investasi tersebut, maka anda pun nantinya akan bisa untuk menentukan jenis investasi yang anda inginkan. Hal ini tentu saja akan memiliki tujuan agar nantinya anda bisa mengetahui apa saja resiko dari menjalankan investasi berupa saham maupun obligasi. Tak hanya itu saja, anda pun juga akan mengetahui keuntungan yang nantinya akan anda dapatkan ketika sedang menjalankan kedua investasi tersebut.


      edit

0 komentar:

Posting Komentar