Minggu, 08 Desember 2019

Published Desember 08, 2019 by with 0 comment

Tanoto Foundation Bantu Kembangkan Dunia Pendidikan dengan 3 Program Andalan


Sumber: tanotofoundation.org

Mereka yang mendapatkan pendidikan berkualitas memiliki peluang lebih besar untuk meraih kesuksesan. Meski demikian, akses ke pendidikan berkualitas masih sangat terbatas. Di sisi lain, kualitas pendidikan di Indonesia juga masih terbilang rendah dengan posisi ke-10 dari total 14 negara berkembang. Fakta miris inilah yang kemudian mendorong Tanoto Foundation untuk ikut berkontribusi mengembangkan dunia pendidikan di Indonesia.

Organisasi filantropi pendidikan yang dibentuk oleh Sukanto Tanoto dan istri ini memiliki 3 program andalan untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Ketiga program tersebut meliputi.

1. SIGAP


Tanoto Foundation memiliki kepedulian tinggi terhadap dunia pendidikan dan anak-anak di Indonesia. Bagi organisasi filantropi bentukan Sukanto Tanoto dan istri tersebut, mengembangkan dunia pendidikan dan mendorong para orang tua agar lebih peduli akan pemenuhan gizi anak-anak adalah dua hal yang saling berhubungan. Sebagai bentuk akan kepedulian tersebut, Tanoto Foundation bahkan memiliki satu program yang khusus didedikasikan untuk memerangi stunting di Indonesia.

Kasus stunting di Indonesia masih terbilang memprihatinkan. Di tahun 2018, terhitung ada 30,8% anak Indonesia yang menderita stunting. Angka tersebut masih sangat tinggi jika mengacu pada angka toleransi yang ditetapkan oleh WHO, yakni 20%.

Untuk membantu pemerintah mengurangi angka stunting di Indonesia, Tanoto Foundation memiliki program bertajuk SIGAP. Program ini juga selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang ditetapkan oleh PBB bersama dengan negara-negara di dunia.

Sosialisasi ASI eksklusif menjadi salah satu cara yang ditempuh Tanoto Foundation untuk meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya memberi ASI kepada anak-anak. Di samping itu, organisasi filantropi bentukan Sukanto Tanoto ini juga mengadakan pelatihan Duta Pencegahan Stunting untuk membantu menyadarkan masyarakat akan bahaya stunting dan bagaimana menekan risikonya.

2. PINTAR


Kualitas pendidikan di Indonesia yang masih menempati posisi ke-10 dari 14 negara berkembang mendorong Tanoto Foundation untuk ikut terlibat dalam mengembangkan kualitas pendidikan di tanah air. Untuk mencapai tujuan tersebut, program bertajuk PINTAR pun dibentuk.

PINTAR (Program Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran) merupakan sebuah program yang berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan yang dilaksanakan melalui 4 pendekatan, yakni pembelajaran aktif, budaya baca, manajemen berbasis sekolah dan perkuliahan calon guru.

Pelatihan kepala sekolah, guru hingga komponen-komponen lain dalam organisasi sekolah rutin dijalankan. Untuk membantu meningkatkan kualitas tenaga pendidik, Tanoto Foundation juga menggandeng platform bimbingan belajar online RuangGuru.

3. TELADAN


Masa depan sebuah bangsa dan negara akan sangat ditentukan oleh kualitas generasi penerusnya. Namun selain membutuhkan generasi yang berpendidikan, Indonesia juga membutuhkan generasi yang berjiwa pemimpin.

TELADAN merupakan program Tanoto Foundation yang didedikasikan untuk mendidik generasi muda yang memiliki jiwa kepemimpinan tinggi. Program Transformasi Edukasi untuk Melahirkan Pemimpin Masa Depan atau yang disingkat TELADAN ini terbuka untuk semua mahasiswa S1 dari universitas-universitas mitra Tanoto Foundation.

Dalam program TELADAN, para peserta akan mendapatkan kesempatan untuk belajar ke luar negeri dan mengikuti pelatihan kepemimpinan. Selain itu mereka juga akan mendapatkan beasiswa S1 dan uang saku dari semester II sampai semester VIII.

Mengembangkan kualitas sumber daya manusia harus dilakukan secara menyeluruh. Hal inilah yang tengah diupayakan oleh Tanoto Foundation.

Dengan SIGAP, ancaman yang dapat merusak generasi masa depan ditekan hingga titik terendahnya. Lewat program PINTAR, kualitas pendidikan ditingkatkan mulai dari pola pembelajaran, kualitas guru hingga manajemen sekolah. Terakhir, Tanoto Foundation juga memberi kesempatan kepada generasi muda untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan mereka. Dengan pendekatan yang menyeluruh seperti ini, kesetaraan peluang untuk meraih kesuksesan diharapkan bisa benar-benar terwujud.

      edit

0 komentar:

Posting Komentar